Konsultan Minimarket

Konsultan Minimarket

Konsultan Minimarket

Konsultan Minimarket Pertumbuhan bisnis ritel di Indonesia semakin pesat dari tahun ke tahun, tercermin dengan meningkatnya jumlah minimarket baik waralaba maupun mandiri (minimarket individual). Bisnis minimarket belakangan ini semakin digandrungi oleh pelaku usaha lokal, menyusul di beberapa daerah telah dibatasi perkembangannya dan beberapa pemerintah daerah terus mendorong pen- gusaha ritel lokal untuk meningkatkan kapasitas dan kemampuan mengelola minimarket. Peningkatan jumlah minimarket dan toko modern ternyata tidak diimbangi dengan keahlian dalam manajemen dan operasionalisasinya, sehingga tidak sedikit minimarket mandiri harus menelan pil pahit dengan menutup gerainya karena berakhir bangkrut. Dalam mengelola bisnis ritel/grosir modern dibutuhkan keahlian khusus. Kesalahan dalam mengelolanya mengakibatkan usaha Anda tidak dapat berkembang dengan baik bahkan lebih jauh dapat mengalami kebangkrutan. Adapun tujuan utama yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Program Konsultansi Usaha Ritel dan Grosir Modern ini adalah terwujudnya toko swalayan dengan sistem operasionalisasi usaha modern di semua aspek dalam rangka tercapainya target yang ditetapkan secara efisien, efektif, dan optimal.

Untuk mencapai tujuan utama ini, maka tujuan secara khusus yang akan dicapai adalah:

  1. Berdirinya toko swalayan yang dilandaskan dari hasil perencanaan kelayakan usaha yang relevan
  2. Tercapainya pelaksanaan persiapan pendirian atau recovery toko yang efisien
  3. Mendapatkan sumber SDM yang berkualitas dalam mengelola swalayan dan memiliki standar pengelolaan karyawan
  4. Terwujudnya sistem administrasi usaha dan keuangan yang tertib, valid dan akurat
  5. Terwujudnya standarisasi struktur dan kategorisasi barang dagangan yang tepat
  6. Memiliki strategi penentuan harga dan pembelian barang yang kompetitif
  7. Memiliki strategi pengelolaan promosi dan program penjualan
  8. Terlaksananya Grand Opening atau Re-Lounching   usaha
  9. Terlaksananya asistensi pasca pendirian atau recovery untuk monitoring usaha bagi pengelola
  10.  

Adapun manfaat dengan mengikuti program ini adalah:

  1. Memudahkan bagi pemilik usaha untuk menetapkan investasi usaha yang sesuai.
  2. Memulai usaha ritel dengan perencanaan yang apik sebagai landasan penting dalam mem- bangun dan mengembangkan usaha.
  3. Memiliki sistem pengawasan atas seluruh aktifitas usaha oleh pengelola, sehingga terjadinya stabilitas pengelolaan usaha karena adanya sistem kontrol yang terbangun secara berkesinam- bungan sejak awal usaha didirikan.
  4. Efisiensi usaha dan tercipta produktifitas kerja di kalangan pengelola karena meminimalisir pekerjaan “coba-coba” yang disebabkan kurangnya pemahaman pengelola dan atau pemilik usaha.

JENIS KONSULTANSI

Adapun jenis konsultansi usaha (co-management) yang kami sediakan terdiri dari 3 macam, yaitu:

1.    PAKET  PENDIRIAN  SWALAYAN

Yaitu aktifitas konsultansi dan atau pelaksanaan pendirian swalayan, baik bentuk minimarket; supermarket; maupun hypermarket, mulai dari perencanaan usaha hingga pembukaannya dengan menggelar Grand Opening dan dilanjutkan dengan monitoring usaha dalam kurun waktu tertentu.

2.    PAKET   RECOVERY  USAHA

Yaitu aktifitas konsultansi dan atau pelaksanaan recovery usaha (pembaruan/upgrade usaha) baik sistem informasi; operasionalisasi dan mekanisasi usaha; maupun standarisasi prosedur usaha di semua aspeknya, mulai dari perencanaan recovery hingga menggelar re-lounching dan dilanjutkan dengan  monitoring usaha dalam kurun waktu tertentu.

3.    ASISTENSI  USAHA

Yaitu aktifitas pendampingan usaha yang dilakukan secara rutin terhadap operasionalisasi usa- ha berbasis sistem informasi data sebagai alat utama dalam melakukan analisis usaha, disiap- kan untuk mendapatkan penilaian pihak ketiga berupa second opinion atas kinerja manajemen (pengelola) usaha. Jenis Asistensi ini berupa reguler, khusus, dan total management.

Enter your keyword